Minggu, 19 Mei 2019

Mau Berbisnis Travel Tanpa Modal? Inilah Caranya!

Eksemplar.Com - Saat ini di Indonesia sedang marak yang namanya bisnis travel. Bagaimana tidak, hanya dengan modal smartphone saja kamu sudah bisa berjualan paket-paket yang tersedia di dalam travel. Mulai dari penjualan tiket kereta, pesawat, voucher hotel, paket tour, bahkan ada juga yang memberikan fasilitas antar jemput bandara dengan menggunakan rental mobil. Keren bukan? Bahkan yang terjadi baru-baru ini adalah bisnis travel digabungkan dengan jasa pengiriman barang.

Mau Berbisnis Travel Tanpa Modal? Inilah Caranya!

Setiap tahunnya, jumlah penumpang pesawat di Indonesia ini semakin bertambah dan peningkatannya cukup signifikan. Bagaimana tidak, semua itu dikarenakan adanya kepentingan para pebisnis untuk mengurus bisnisnya yang ada di luar kota. Misalnya, kamu seorang pebisnis yang tinggal di Bandung. Lalu kamu juga mempunyai usaha di luar daerah, seperti Sumatera atau Kalimantan. Tentunya, ketika kamu mau pergi ke tempat usaha tersebut, pasti akan membutuhkan moda transportasi yang cepat. Tidak mungkin kamu menggunakan bis atau kapal laut. Pilihannya pasti menggunakan pesawat terbang sebagai alat transportasinya yang cepat dan paling efisien.

Selain itu, dengan banyaknya tempat-tempat wisata yang tiada duanya di Indonesia, membuat orang-orang berbondong-bondong membeli tiket saat liburan. Bahkan mungkin tidak hanya terjadi saat musim liburan saja. Banyak dari mereka yang bahkan seminggu sekali bepergian menggunakan travel hanya untuk menghilangkan penat selama bekerja. Di samping itu, ada juga motivasi pamer di media sosial supaya terlihat suka bepergian dan sudah menjelajah ke mana-mana. Tentunya mereka juga menggunakan transportasi yang cepat supaya tidak membuang-buang waktu di perjalanan dan cepat sampai, walaupun harga tiketnya dipatok mahal.

Hal-hal itulah yang membuat bisnis travel ini semakin bermunculan. Perhatikan saja bagaimana maskapai-maskapai penerbangan yang ada di Indonesia saling bersaing memperebutkan rute dan juga segi harga tiket. Artinya, peluang untuk bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal dari bisnis travel sangatlah mungkin. Bahkan, itu belum termasuk penjualan paket-paket tour yang disediakan, mulai dari yang domestik hingga internasional.

Permasalahan berikutnya adalah, tidak gampang untuk membuat bisnis travel. Sebelum memulai usaha, kamu harus mengurus izinnya terlebih dahulu dan harus mempunyai tempat usaha yang jelas. Sudah pasti kamu akan membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Sebagai referensi, untuk mengurus izin pembuatan CV saja bisa menghabiskan uang hampir 5 juta rupiah. Buat kamu yang mau memulai usaha apalagi dengan dana pas-pasan, pastinya hal itu sangat berat. Belum lagi kalau kamu mau sewa tempat dan membeli peralatan penunjang lainnya. Lalu kamu pastinya membutuhkan karyawan juga setidaknya 1 orang. Untuk lebih jelasnya, kira-kira perhitungannya seperti ini :

Skema Permodalan Bisnis Travel

Modal Awal                                                                                        Jumlah
-       Biaya Registrasi agen                                                         3,750,000
Investasi Tambahan
-       Komputer / laptop                                                              3,500,000
-       Printer                                                                                    500,000
-       Modem                                                                                  150,000
-       Peralatan kantor                                                                  1,000,000
-       Sewa ruko (per tahun)                                                      15,000,000
SUB Total                                                                                     20,150,000
Total modal                                                                                  23.900.000

Dari data di atas, belum apa-apa kamu pasti sudah pusing duluan. Ujung-ujungnya, niat untuk memulai bisnis travel akhirnya dibatalkan. Pupus sudah harapan kamu untuk memiliki usaha travel. Namun, sesuai yang akan dibahas di sini, kamu sebenarnya bisa berbisnis travel walau tanpa modal. Apakah bisa? Jawabannya cukup singkat, “Tidak bisa.” Loh kok begitu? Jelas saja. Setidaknya, kamu harus memiliki ponsel smartphone dan kuota internet. Fungsinya jelas untuk mengecek tiket secara online.

Mengapa harus online? Karena sistem tiket sekarang ini sudah terintegrasi secara online. Untuk itu, kamu harus bisa mengaksesnya secara online pula. Lalu, apakah harus ponsel smartphone saja? Tentunya tidak. Kamu juga bisa menggunakan tablet, laptop, komputer. Hanya saja, keunggulan ponsel smartphone dan tablet mudah digunakan di manapun, karena bisa dibawa-bawa.

Berikutnya, sudah pasti koneksi internet yang mumpuni. Kamu bisa memilih provider yang sesuai selera, atau yang biasa kamu gunakan.

Apa cukup itu saja? Jawabannya tentu belum. Kamu harus mempunyai akun yang bisa mengakses ke server maskapai penerbangan. Caranya adalah dengan mendaftar melalui sistem keagenan yang cukup murah, handal, gampang dioperasikan, tidak bertele-tele, ada trainingnya, dan ada juga tutorial yang jelas.

Jadi, jika dikatakan bisnis travel tanpa modal ini memang benar-benar tanpa modal? Jawabanya sudah pasti tidak. Jadi bisnis travel tetap membutuhkan modal. Hanya saja, modal tersebut tidak terlalu besar dan terjangkau. Semuanya tergantung niat dan usaha.

Sebagai contoh, kamu bisa mendaftarkan diri di sebuah situs travel dan ambil saja paket yang keagenan. Haganya bisa kamu cek sendiri, kemudian kamu tawarkan kepada keluarga atau teman-teman terdekatmu terlebih dahulu. Kamu juga bisa pasang iklan melalui Facebook dan Twitter atau media sosial lainnya. Pastinya itu gratis dan cukup membutuhkan kuota internet saja. Selain itu, ada juga rahasiatravel dotcom, di mana kamu akan menjalani dahulu masa training hingga mahir dan akan diberikan teknik-teknik cara berjualan tiket. Di situs itu juga ada teknik untuk menjual tiket yang bisa kamu pakai untuk meningkatkan keuntungan hingga Rp 300.000 per tiket. Liar biasa bukan?

Selain itu, jangan lupa juga untuk menjual produk-produk lainnya yang ada di dalam sistem keagenan yang kamu ikuti. Biasanya di situs-situs keagenan travel banyak juga menjual produk-produk, seperti tas travel, dan lain-lain. Kamu bisa gunakan kesempatan itu untuk menambah pundi-pundi rupiah.
Itulah cara yang bisa kamu gunakan dalam berbisnis travel tanpa modal. Intinya, semuanya dikerjakan secara online. Jadi, pastikan kuota internet kamu cukup. Semoga artikel ink bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mau Berbisnis Travel Tanpa Modal? Inilah Caranya!

0 komentar:

Posting Komentar