Kamis, 30 Mei 2019

Resep Urap Sayur Khas Nusantara

Eksemplar.Com - Indonesia adalah Negara yang kaya akan makanan khas, karena Indonesia memiliki tanah yang subur dan menghasilkan banyak sayuran maka semakin banyak pula sayuran yang dapat dikonsumsi dengan aneka macam resep.

Salah satu makanan yang menjadi andalan banyak orang adalah urap-urap. Banyak sekali macam-macam dari urap-urap yang banyak diminati oleh orang Indonesia.

Urap sayur juga memiliki kandungan gizi yang cukup baik sehingga merupakan menu sehat untuk keluarga yang bisa anda coba kapanpun untuk mencukupi kebutuhan gizi keluarga. Sajikan menu ini dengan nasi hangat untuk menambah selera makan.

Resep Urap Sayur Khas Nusantara

Resep Urap Sayur Khas Nusantara

Bahan Membuat Urap Sayur

* Cabe rawit sebanyak 8 buah, tambahkan jika perlu
* Bawang putih 3 siung
* Cabe merah 3 buah
* Gula dan garam secukupnya
* 1 cm kunyit dan jahe
* Bayam 1 ikat (boleh jenis sayur lainnya, seperti kangkung, tauoge, dan kacang panjang), rebus sebentar
* Kelapa parut secukupnya.
* Penyedap rasa

Langkah membuat urap-urap sayur

1. Haluskan cabe rawit, bawang putih, cabe merah, gula dan garam secukupnya. Untuk menghaluskannya anda bisa menggunakan blender atau dengan cara di ulek. Setelah itu jika sudah dilembutkan, anda bisa mensangrai bumbu halus tadi dengan menggunakan olive oil agar baunya lebih harum, tetapi jika tdak ada bisa menggunakan minyak sehat sedikit saja. Tambahkan juga penyedap rasa jika anda suka menggunakannya.

2. Setelah bumbu disangrai hingga berbau harum anda bisa memasukan parutan kelapa dan aduk hingga warna berubah tercampur dengan bumbu, namun jangan sampai gosong.

3. Jika anda sudah merasa kelapa parut sudah sudah berubah warna dan menyatu dengan bumbu, maka anda bisa memasukan bayam atau sayur lainnya yang sudah direbus hingga menyatu dengan kelapa parut. Setelah mencampur jadi satu anda bisa menghidangkannya di atas piring untuk menyantapnya.

Nah, itu dia resep sayur urap nusantara menggunakan bayam. Bahan dan juga caranya sangat sederhana sehingga bisa digunakan kapan saja karena bahan – bahannya mudah untuk dicari, selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Urap Sayur Khas Nusantara

0 komentar:

Posting Komentar