Sabtu, 25 Mei 2019

8 Membuat Keluarga Kamu Semakin Kompak dan Harmonis!

Eksemplar.Com - Kamu pasti tahu kan, bahwa komunikasi adalah suatu kunci yang sangat penting dalam menjalin suatu hubungan sosial, baik itu dalam masyarakat, maupun dalam keluarga.

Komunikasi dalam keluarga harus dijaga agar hubungan tiap anggota keluarga semakin kuat dan tetap terjalin dengan baik. Oleh sebab itu, di dalam keluarga, tidak boleh sampai ada perang dingin. Berikut ini adalah 8 tips yang bisa kamu coba untuk membuat keluarga kamu makin kompak dan harmonis.

8 Membuat Keluarga Kamu Semakin Kompak dan Harmonis!

8 Membuat Keluarga Kamu Semakin Kompak dan Harmonis!

1. Jujur

Dengan jujur, kamu dapat membangun kepercayaan dari orang – orang yang ada di sekitarmu, terutama keluargamu. Keluarga adalah orang-orang yang paling dekat dengan kamu, hampir setiap hari kamu bertemu dengan mereka, masa kamu tidak mau bersikap jujur?

Jika ada suatu maslah yang mungkin belum bisa kamu ungkapkan, janganlah memaksakan diri untuk bicara dengan keluargamu. Tapi janganlah  berbohong juga, carilah waktu yang tepat untuk menceritakan masalahmu itu.

Kamu harus ingat, bohong adalah dosa yang mengakar. Kok Bisa? Bisa dong! Demi menutupi kebohongan ini, kamu akan mengarang sebuah kebohongan lainnya dan akan terus seperti itu. Pokoknya bohong itu tidak nyaman sekali,  lebih baik jujur saja.

Jujur kepada keluarga sendiri tidak ada rugi kok. Mereka justru akan menghargai keberanian kamu untuk berkata jujur. Jadi, kamu nggak perlu takut untuk jujur!

2. Percaya Satu Sama Lain

Dalam suatu hubungan, rasa percaya adalah unsur yang sangat penting. Di andaikan saja bahwa keluarga kamu adalah sebuah rumah, maka rasa percaya adalah pondasi rumahmu. Bisa bayangkan tidak, bagaimana jika rumah itu pondasinya lemah atau bahkan dibangun tanpa pondasi yang baik? Rumah itu pastinya tidak akan berdiri dengan kokoh dan tidak tahan lama.

Rasa percaya ini bisa membawa keluarga kamu menjadi keluarga yang kuat dan harmonis. Kalau ada rasa percaya, pasti tidak akan mungkin muncul rasa cemas atau curiga yang berlebihan. Dengan memiliki kepercayaan yang kuat dari masing-masing anggota keluarga, dijamin keluarga kalian akan menjadi keluarga yang kompak dan happy!

3. Saling Memaafkan

Jika kamu berbuat salah, jangan pernah merasa gengsi untuk meminta maaf. Hal ini berlaku juga sebaliknya, jika ayah, ibu, kakak, atau adikmu berbuat salah, jangan dendam atau gengsi untuk memaafkan mereka.
Saling memaafkan termasuk unsur yang penting dalam suatu hubungan. Jangan pernah menyimpan dendam, selain itu memberi efek negatif pada orang sekitar kita, dendam juga tidak baik untuk kesehatan mental kamu.

“Semua manusia di dunia ini pasti pernah berbuat salah.” Pasti kamu sering dengar kalimat itu kan? Ayah, Ibu, kakak, dan adikmu, termasuk kamu juga pasti pernah berbuat salah. Kamu bisa berdiskusi bersama dan menanyakan denganbaik-baik kenapa bisa terjadi kesalahan tersebut. Jika dibicarakan bersama, akan terasa lebih enak,kan?

4. Saling Mendengarkan satu sama lain

Dalam suatu keluarga, masing-masing anggotanya pasti memiliki kegiatan yang berbeda dalam satu hari. Nah, sediakanlah waktu untuk saling bertukar cerita. Dalam satu hari pasti ada saja kejadian yang di luar dugaan, bisa lucu, senang, sedih, bahkan kejadiannya yang aneh sekalipun bisa terjadi.

Bagaimana Ayahmu dengan kejadiannya di kantor, Ibumu dengan segala kerepotannya di rumah atau di kantor, kegiatan kakak dan adikmu di kampus atau sekolah. Itu dapat menjadi topik pembicaraan yang seru loh! Saling terbuka satu sama lain, jika ada masalah bisa saling membantu dan memberi semangat.
8 Membuat Keluarga Kamu Semakin Kompak dan Harmonis!

5. Saling Memberikan Dukungan

Saling memberikan dukungan satu sama lain bisa meningkatkan rasa percaya dan kenyamanan di dalam keluarga lho.. Jika dalam suatu keluarga saling mendukung satu lain, pasti dengan sendirinya tercipta aura positif dalam keluarga itu. Jika ada aura positif, kamu sekeluarga pasti bisa merasa bersemangat dan penuh energi.

Misalnya, kakak atau adikmu sedang ikut kompetisi di kampus atau sekolah, kamu bersama Ayah dan Ibu bisa datang untuk memberikan dukungan dan semangat kepada mereka. Atau ketika Ibumu ikut lomba masak, datanglah untuk memberikan dukungan.

Dengan memberikan dukungan satu sama lain, masing-masing anggota keluarga pasti akan merasa sangat senang karena mendapat perhatian. Nice, isn't it?

6. Quality Time

Kamu bisa banget lho menciptakan quality time di rumah. Coba deh dari hal yang sederhana, seperti makan pagi dan makan malam. Yang biasanya makan di kamar masing – masing, sekarang ajaklah keluargamu untuk makan di satu meja yang sama.

Kalian bisa masak bersama-sama dan membagi tugas masing – masing. Misalnya, kamu berugas memotong sayuran, Ayah bertugas menyiapkan piring, kakak atau adikmu bertugas membersihkan meja, dan tentunya Ibu mengambil tugas untuk  memasak makannya.

Satu kegiatan sesederhana apapun itu, jika dilakukan bersama-sama pasti akan menjadi lebih seru dan menyenangkan. Make it fun!

Selain makan bersama, bisa juga nonton film bersama! Tidak usah harus pergi ke bioskop, kamu bisa nonton film di rumah memakai DVD player, pilih film yang seru buat ditonton bersama-sama. Biasanya sih kalau mau yang seru banget, nonton film horror! Itu pasti asyik banget!

7. Liburan Bersama

8 Membuat Keluarga Kamu Semakin Kompak dan Harmonis!
Kebanyakan dari anak-anak muda zaman sekarang memang lebih senang untuk liburan bersama sama pacar atau temen mereka. Sebenarnya itu bukan bukan hal yang buruk sih. Tapi, kamu juga perlu untuk menyempatkan diri untuk berlibur bersama keluarga.

Dengan liburan keluarga ini, kamu dan keluargamu bisa makin akrab lho, tidak ada salahnya, kan?

Gimana ya caranya supaya liburan keluarga ini menjadi lebih seru? Ini ada beberapa cara yang bisa kalian coba:
  1. Pertama, diskusikan bersama-sama mengenai kapan dan di mana kalian akan berlibur.
  2. Jika sudah fix menentukan destinasi, ketika menjelang hari H-nya, kalian bisa packing bersama. Perlu digarisbawahi, semua kegiatan yang kamu lakukan bersama keluarga itu bisa menambah keakraban satu sama lain.
  3. Yang terakhir, ketika hari libur telah tiba, kamu dan keluarga dapat menyanyi lagu  “Libur Telah Tiba” bersama-sama. Lho? Di hari liburannya, kamu bisa menikmati liburan bersama. Nah, sepanjang liburan itu, kamu dan keluarga juga bisa membuat family games. Pasti jadi seru banget deh!

8. Sadari, semua orang butuh waktu pribadi

Menjaga kebersamaan dalam keluarga itu memang hal yang penting banget. Tapi, di sisi lain, kita pun harus menyadari bahwa terkadang orang juga butuh waktu untuk dirinya sendiri. 

Kamu pun pasti perlu waktu untuk sendirian, kan? Jadi, tidak mungkin selalu bersama-sama setiap waktu, setiap anggota keluarga juga perlu memahami kondisi seperti ini.

Yang perlu kamu perhatikan juga, setiap orang punya pribadi yang berbeda-beda. Ada yang ekstrovert dan yang introvert. Nah, orang-orang dengan kepribadian introvert ini biasanya memang lebih suka punya waktu dan ruang sendiri. Jika ada anggota keluarga kamu yang introvert, kamu bisa memberikan waktu jika mereka membutuhkannya.

Oke, semoga tips membangun keluarga yang kompak dan harmonis bisa bermanfaat untuk kamu. Jangan hanya dibaca, dipraktikkan juga. Good luck!



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 8 Membuat Keluarga Kamu Semakin Kompak dan Harmonis!

0 komentar:

Posting Komentar