Minggu, 19 Mei 2019

Mau Bisnis Online di Rumah tapi Minim Modal? Bisnis Ini Cocok Lho!

Eksemplar.Com - Internet kini sudah menjadi kebutuhan pokok harian bagi penggunanya. Mereka selalu mengakses informasi dan lainnya di internet. Bahkan tak hanya itu, melalui internet pun bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Banyak bisnis yang bisa dilakukan melaui internet atau online. Bahkan dengan modal minim, bisnis ini sangat bisa dilakukan. Apalagi, akan lebih bagus jika sebelumnya kita sudah punya bisnis offline di rumah, jadi bisa dipadukan dengan bisnis online. Tentunya pasar yang dijangkau akan semakin luas karena banyaknya pengguna internet.

Lantas, apa sajakah bisnis online yang bisa dilakukan di rumah? Berikut penjelasannya.

Mau Bisnis Online di Rumah tapi Minim Modal? Bisnis Ini Cocok Lho!

Bisnis Online di Rumah tapi Minim Modal

1. Bisnis Afiliasi

Bisnis afiliasi atau affiliate marketing adalah bisnis yang banyak dilakukan oleh internet marketer baik dalam negeri maupun luar. Untuk menjalankannya tidak harus memiliki produk, tapi cukup mempromosikan saja produk orang lain. Istilah polulernya adalah reseller.
Keunikan dari bisnis ini adalah kita tidak perlu repot-repot mengurusi pembuatan produk, packing, atau pengiriman. Kita hanya cukup promosi dan promosi saja. Jika ada yang membeli produk tersebut, kita dapat komisi. Bisnis ini bisa dilakukan di mana saja termasuk di rumah.

2. Membuat toko online

Bisnis toko online sudah sangat mudah. Jika sebelumnya memiliki toko offline, maka dengan online bisa memperluas jangkauan pasar. Sehingga bisa meningkatkan penjualan dan keuntungan. Atau bagi yang memang tidak memiliki toko offline juga bisa menjalankan bisnis ini. Contohnya seperti menjadi affiliate marketer yang sudah dijelaskan di atas. Jika memang sudah memiliki produk sendiri juga bisa membuka toko online.

Membuka toko online sebenarnya tidak sulit. Asalkan memiliki jaringan yang luas, maka bisnis ini bisa dijalankan. Kita bisa membuat website untuk memajang produk yang dijual. Atau bisa juga menggunakan jasa reseller sebagai promosi.

Keuntungan membuka toko online adalah kita tidak perlu repot-repot memikirkan tempat untuk memajang produk. Tak perlu juga memikirkan ongkos sewa tempat. Cukup dilakukan di rumah saja sudah bisa melakukan bisnis ini. Walaupun modalnya sedikit, tapi lama kelamaan bisa ditambah seiring bertambahnya pemasukan.

3. Membangun blog atau website

Saat ini banyak sekali blog-blog atau website yang bertebaran di internet. Karena, membuat blog atau website bisa mendapatkan penghasilan yang menjanjikan untuk jangka panjang. Dengan banyaknya pengguna internet saat ini, trafik blog pun akan semakin meningkat. Inilah yang bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis.

Saat ini, cara yang populer untuk mendapatkan uang dari blog adalah mendaftar ke Google Adsense. Salah satu layanan Google tersebut seakan menjadi idola bagi para blogger dan pemilik website. Google Adsense menerapkan sistem PPC atau Pay Per Click. Jadi ini sangat cocok bagi blog yang bertrafik tinggi.

Selain Google Adsense, masih banyak pula cara yang bisa diterapkan supaya menghasilkan uang melalui blog. Misalnya memasang iklan mandiri, mempromosikan blog lain, mengikuti program PPC lainnya, dan lain-lain.

Mendapatkan penghasilan dari blog bukanlah perkara gampang. Perlu ketekunan dan keseriusan dalam mengelola blognya. Jika bisa dimanfaatkan, maka penghasilannya akan lumayan. Misalnya, penghasilan dari Google Adsense saja sudah bisa mencapai jutaan rupiah. Bahkan ada salah satu blogger asal Nigeria bernama Linda Ikeji yang menghasilkan milyaran rupiah hanya dari blognya.

4. Menjadi penulis lepas

Saat ini cukup banyak penulis freelance yang bertebaran. Biasanya penulis ini membuat artikel untuk mengisi konten blog atau website, baik itu yang berbahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.
Ada banyak tempat atau situs-situs yang menyediakan jasa penulis freelance. Biasanya yang membutuhkan jasa ini adalah mereka yang memiliki banyak blog, sehingga akan sulit untuk menulis satu-persatu di tiap blognya. Apalagi blog itu bertrafik tinggi. Tentunya mesti selalu mengupdate konten. Semakin banyak konten yang ditulis, maka trafiknya semakin tinggi, dan bisa menambah pemasukan. Itu pastinya membutuhkan jasa penulis.

Biasanya, konten berbahasa Inggris sangat mahal bayarannya ketimbang berbahasa Indonesia. Meskipun begitu, kita harus selektif untuk mendaftar sebagai penulis artikel di tiap blog atau website. Pastikan harga yang ditawarkan tidak terlalu rendah, sesuai dengan proses penulisannya.
Tentunya ini bisa dilakukan di rumah. Cukup berbekal laptop atau komputer, maka kita sudah bisa memulai menulis.

5. Web developer

Menjadi web developer tentunya mesti memiliki pengetahuan tentang web itu sendiri. Banyak orang-orang yang ingin membangun sebuah website, tapi tidak tahu caranya. Peluang ini bisa dimanfaatkan sebagai bisnis yang menjanjikan. Kita bisa menawarkan diri untuk membuat sebuah web, dan pastinya akan menerima bayaran yang tak sedikit.

Tentunya membuat web itu mudah jika memang memahaminya. Kita bisa menggunakan platform seperti Wordpress dan memanfaatkan plugin-plugin yang ada. Bila ingin menjadi web developer yang profesional, maka kita mesti menguasai dasar-dasar pembuatan website yang baik. Banyak situs yang bisa digunakan untuk membuat web.

Ini bisa dilakukan di rumah. Cukup berbekal laptop atau komputer dan modem yang mumpuni, kita bisa menjalankan bisnis ini. Kalau bisa dengan ditemani cemilan dan segelas kopi supaya tidak terlalu tegang. Dengan keseriusan menjalani bisnis ink, hasil yang didapat bisa lebih besar dari sebelumnya.

6. Bisnis MLM online

Bisnis MLM atau Multi Level Marketing ini ada yang secara online. Walaupun sama-sama MLM, namun yang ini berbeda dengan MLM biasa yang harus mengadakan pertemuan, mengajak anggota baru, serta pembelian barang. Semuanya dilakukan secara online.

Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua sistem MLM itu baik. Pastikan dahulu MLM yang diikuti tersebut memiliki sistem yang jelas, terpercaya, dan tidak berdampak negatif.

Karena ini secara online, maka kita bisa melakukannya di rumah. Hanya bekal kuota internet saja untuk berkomunikasi, maka bisnis ini bisa berjalan.

Itulah beberapa bisnis online yang bisa dilakukan di rumah dengan minim modal. Tentunya masih banyak lagi bisnis selain dari yang disebutkan di atas. Satu hal yang perlu diingat, meskipun bisnis yang dijalani ini menghasilkan keuntungan yang tidak seberapa, tapi jika dijalankan dengan penuh keseriusan akan mendatangkan hasil yang maksimal. Semoga artikel ini bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mau Bisnis Online di Rumah tapi Minim Modal? Bisnis Ini Cocok Lho!

0 komentar:

Posting Komentar