Minggu, 19 Mei 2019

Walau Tanpa Modal, Kamu Bisa Menjalankan Bisnis Lho!

Eksemplar.Com - Berbisnis memang sangat dibutuhkan setiap orang demi kelangsungan hidupnya. Dengan bisnis, penghasilan bisa didapatkan, entah itu harian, mingguan, atau bulanan. Meskipun bisnis yang dijalani ini berskala kecil, kita tetap menjadi bosnya. Kita bebas mengatur bisnis yang dijalani. Berbeda jika kerja kantoran. Setinggi apapun jabatan dan gajinya, kita tetap pegawai.

Menjadi pegawai harus mau menuruti perintah atasan, walaupun perintah itu membuat kita kesal.
Itulah bedanya jika kita bisa berbisnis sendiri dan ikut orang lain. Itulah mengapa banyak yang ingin berbisnis sendiri. Namun, kendala yang sering kita temui saat hendak berbisnis adalah modal. Ya, modal adalah hal yang utama demi memulai bisnis. Bahkan, modal yang dibutuhkan bisa tidak sedikit, tergantung dari bisnis yang dijalani. Itulah mengapa banyak orang yang berkeinginan berbisnis, tapi terkendala dengan modal.

Bisnis apapun sepertinya memang butuh modal. Lalu, apakah ada bisnis yang tanpa memerlukan modal? Jawabannya, ada! Ada beberapa bisnis yang bisa kita jalani tanpa memerlukan modal. Kalaupun ada, itu hanya sedikit dan cukup ringan. Apa sajakah bisnis itu? Mari kita simak penjelasannya.

Walau Tanpa Modal, Kamu Bisa Menjalankan Bisnis Lho!

Walau Tanpa Modal, Kamu Bisa Menjalankan Bisnis Lho!

1. Memilih teman yang memiliki modal sebagai partner bisnis

Jelas kita tidak perlu mengeluarkan modal karena semua sudah ditanggung oleh teman. Yang perlu kita lakukan adalah bagaimana cara mengembangkan bisnisnya supaya maju. Meskipun biaya modal ditanggung oleh teman, bukan berarti antara kita dan teman itu seperti bos dan karyawan. Bukan juga kita meminjam uang teman dan nantinya akan dikembalikan. Istilahnya adalah partner, jadi saling membantu dan menguntungkan. Ajaklah teman untuk berinvestasi pada bisnis yang akan kita jalani. Jika dia tertarik, itu suatu hal yang bagus sebagai permulaan. Mungkin kita tak bisa membantu dalam urusan modal, tapi kita bisa berkontribusi dalam hal tenaga dan pikiran. Kerahkan kemampuan yang dimiliki demi kemajuan. Pasti nantinya juga kita bisa ikut menyumbang untuk penambahan modal.

2. Menjadi penulis lepas

Profesi ini adalah salah satu usaha tanpa modal. Walaupun memang setidaknya membutuhkan pulpen, kertas, atau laptop untuk mengetik. Biasanya profesi ini dilakukan secara online dan bisa dikerjakan di rumah. Hanya dengan laptop dan koneksi internet, kita bisa menulis. Carilah lowongan-lowongan yang membutuhkan penulis lepas, tawar harganya, lalu mulailah menulis. Ini akan mendatangkan banyak uang. Selain itu, kita juga bisa mengembangkan kemampuan tulisan kita. Siapa tahu kita bisa menulis buku dari hasil tulisan itu dan dikirimkan ke penerbit. Jika bukunya best seller, tentu akan mendatangkan pundi-pundi rupiah lebih banyak lagi.

3. Menjual barang bekas milik teman atau keluarga

Jika ada barang bekas yang tak terpakai dan masih berfungsi dengan baik, entah itu milik teman atau keluarga, tak ada salahnya untuk menjualnya. Kita bisa membantu menjualnya ke situs-situs penyedia jual beli barang bekas, atau ke lingkungan sekitar. Jika teman atau keluarga mematok harga sekian untuk dijual, maka kita jual lebih untuk keuntungan sendiri. Tentunya ini bisa menjadi ladang bisnis bagi kita. Apalagi jika barang yang dijual itu lumayan tinggi harganya seperti mobil atau motor. Jelas tanpa modal sama sekali. Paling yang dibutuhkan hanya pulsa untuk menghubungi para pembeli.

4. Menjadi reseller

Ini mungkin sama saja intinya dengan yang di atas. Bedanya, barang yang dijual ini masih baru dan belum digunakan. Saat ini sudah banyak bertebaran para reseller di dunia maya yang mempromosikan barang jualannya. Dalam bisnis offline misalnya, ada orang yang berjualan kue buatan orang lain. Dia berkeliling atau membuka lapak sendiri. Keuntungan pun bisa didapat.

Sama juga halnya dengan berjualan secara online. Sebagai reseller, kita harus rajin promosi di media-media sosial, atau bisa juga membuat web atau blog untuk menampilkan barang yang kita jual. Itu berfungsi sebagai 'etalase' sehingga pengunjung atau calon pembeli bisa memilih-milih barang mana yang mau dibeli.

Sebetulnya kita hanya menjual kembali barang milik produsen. Jika nanti ada yang membeli, maka kita akan mendapatkan komisi. Tentu saja tak perlu modal sama sekali. Cukup butuh pulsa dan kuota internet saja.

5. Menjual jasa

Berbisnis tak perlu harus tentang produk fisik saja. Produk non fisik seperti jasa juga bisa dimanfaatkan sebagai ladang bisnis kita. Jika kita bisa mendesain grafis, atau mendesain web, tak ada salahnya jika kita menjualnya demi mendapatkan uang.

Promosikan keahlian yang kita miliki melalui media-media sosial atau situs-situs penyedia layanan ini. Dengan begitu, berbisnis bisa kita mulai walau hanya mengandalkan kemampuan.

6. Menjadi blogger

Memiliki sebuah blog yang bisa menghasilkan banyak uang tentu impian semua para blogger. Tentunya untuk mencapai semua itu tidaklah mudah. Dibutuhkan ketekunan dan kedisiplinan yang kuat supaya traffic dan pengunjung blog meningkat. Jika kita memiliki blog yang trafficnya bagus dan disukai pengunjung, itu bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah dari situ.

Misal, dari pasang iklan mandiri, memasang Google Adsense, iklan PPC, dan lain-lain.
Untuk itu, tidak gampang memiliki blog yang bagus dan menghasilkan uang. Walaupun membuat blog ini ada yang gratis, tetap kita harus mengembangkannya demi bisa mendapatkan uang.

7. Menjadi agen

Jika kita mempunyai kemampuan marketing yang lumayan, tidak ada salahnya menjadi agen pemasaran bagi sebuah produk. Misal, menjadi agen penjual property. Para pemilik properti biasanya akan memberikan komisi bagi orang yang bisa menjual propertinya. Ini sangat bagus bagi bisnis tanpa modal.

Kita hanya perlu promosi-promlsi saja, lalu jelaskan produk property yang kita jual. Jika ada yang tertarik untuk membelinya, kita akan dapat komisi. Tak jarang juga para pembeli yang merasa senang akan ikut memberikan tip pada kita. Kita akan dapat double jadinya.

Itulah beberapa bisnis yang bisa kita jalankan tanpa modal. Walaupun memang terlihat tidak membutuhkan modal, tetap saja ada walaupun sedikit, dan itu biasanya terjangkau. Seperti kuota internet dan pulsa untuk menelepon. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu calon pebisnis yang terhambat modal.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Walau Tanpa Modal, Kamu Bisa Menjalankan Bisnis Lho!

0 komentar:

Posting Komentar