Minggu, 19 Mei 2019

5 Tips Mengontrol Emosi Dalam Berbisnis!

Eksemplar.Com - Dalam menjalankan sebuah bisnis, banyak hal yang bisa menyulut emosi. Tidak dipungkiri memang emosi menjadi hal yang wajar dihadapi, tapi terkadang justru bis menjadi hal yang mengancam bisnis kamu lho.

Bagi kamu seorang pebisnis, penting untuk mengerti bagaimana agar emosi tidak menghancurkanmu, apalagi kerjaan bisnismu. Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengontrol emosi dalam berbisnis agar tidak “meledak” diberbagai tempat. Yuk simak caranya!

5 Tips Mengontrol Emosi Dalam Berbisnis!

5 Tips Mengontrol Emosi Dalam Berbisnis!

1. Ketika emosi muncul, coba tenangkan pikiran dengan berdiam diri sejenak agar lebih relax

Tips mengontrol emosi dalam berbisnis yang pertama adalah berdiam diri. Berdiam diri bukan berarti kamu tidak melakukan sesuatu ya, kamu bisa memejamkan mata sebentar, dengan cara itu mungkin kamu akan merasa lebih tenang. Asal jangan sampai ketiduran ya!

Atau mungkin kamu bisa duduk sambil memikirkan, baiknya langkah apa yang kamu lakukan agar masalahmu terpecahkan, atau hal yang membuat emosimu menyulut tidak lagi menghantui pikiranmu.

“Gimana cara bikin ide-ide kreatif datang?
Apa yang harus dilakukan?”

Pertanyaan secam ini mungkin bisa menjadi pengalih emosimu, karena otakmu dituntut untuk cara tersebut.

2. Tenangkan dirimu dengan secangkir minuman kesukaanmu

Biasanya orang cenderung bergantung dengan suatu hal, tak terkecuali minuman yang bisa membuat dirinya tenang. Apakah kamu salah satunya? Kalau iya, mungkin ini adalah cara yang cukup ampuh.

Secangkir kopi, coklat, atau teh panas bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain bisa menenangkan mu, minuman ini juga dapat membuat tubuhmu menjadi hangat, kamu akan merasa segar kembali.

Buat kamu yang nggak begitu suka minuman hangat, jangan salah! Minuman dingin pun juga bisa menjadi obat penenang buatmu. Jus buah mungkin pilihan yang tepat juga, selain segar dan sehat untuk tubuh, efek dingin dari es nya bisa membuat emosimu menjadi dingin lho..

3. Dengarkan musik favorite mu, akan membuatmu sedikit lebih tenang

“Wise men say
Only fools rush in
But I can't help falling in love with you
Shall I stay?
Would it be a sin
If I can't help falling in love with you?”

Alunan musik juga bisa membuatmu merasa relax lho, karena kamu akan mengikuti ritme dari musik yang kamu dengarkan. Kalau kamu senang dengan musik Hip-Hop, kamu akan ikut menyayikan musik itu dengan semangat yang sama dengan lagu itu.

Kalau kamu suka dengan musik Jazz, kamu akan merasakan alunan musik yang tenang dan mungkin sangat cocok dengan suasana hatimu yang sedang butuh ketenangan.

Percaya atau tidak, banyak juga lirik lagu yang bisa membuatmu bersemangat lho, contohnya lagu Fight Song, Rachel Platten. Ketika mendengar lagu tersebut kamu akan merasakan semangat melalui lirik lagu tersebut.

Kemudian kamu akan ikut menyanyikan lagu itu dengan semangat yang akan membuat emosimu tergati oleh senyum semangat.
   
Tapi jangan sampai kamu membuat keributan didalam kantor dengan musik yang sedang kamu dengarkan ya! Cukup kamu dengarkan sendiri, kalau pun kamu tidak menggunakan Headset, kamu cukup mendengarkan dengan volume yang wajar saja.

4. Coba untuk sharing ke orang terkdekat soal masalahmu, emosimu akan berkurang

Kadang kamu nggak bisa mengambil keputusan sendiri, kamu perlu orang lain untuk ikut memecahkan masalahmu. Mengapa? Karena dengan adanya orang lain, kamu tidak akan mengambil keputusan hanya karena emosi sesaat mu saja.

Dengan kamu bercerita dengan orang lain, kamu juga akan merasa tertolong. Kamu tidak akan merasa kamu memikul masalahmu sendiri, tapi masih ada orang yang masih bisa kamu ajak berbagi.

Tidak harus orang yang berada jauh darimu kok, mungkin kamu bisa cerita kepada pasanganmu, atau bahkan orang-orang yang berada dikantor mu. Jangan salah, terkadang kamu akan mendapat pelajaran yang berharga dari seorang office boy (OB) lho, mungkin melalui si office boy ini, emosi mu justru akan padam.

Siapapun orang yang kamu pilih, kamu juga perlu berhati-hati lho! Jangan sampai kamu salah tempat untuk bercerita. Biarpun dia teman terdekatmu, mungkin dia justru “kompor” untuk masalahmu.
Bukannya mendapat solusi, kamu justru semakin emosi.

5. Kalau memang emosimu sudah tak terkontrol, coba keluar cari udara segar dengan berjalan-jalan sebentar

5 Tips Mengontrol Emosi Dalam Berbisnis!
Tips mengontrol emosi dalam berbisnis yang terkahir adalah carilah udara segar. Karena dimata orang yang sedang emosi itu, semua bisa menjadi salah. Daripada nanti kamu meluapkan emosimu kepada semua orang yang berada di dekatmu, lebih baik kamu meninggalkan kantor sebentar.

Kamu nggak perlu pergi jauh, taman didekat kantor bisa menjadi tempat yang tepat untuk meredam emosimu. Hanya untuk sekedar berjalan-jalan sebentar rasanya tidak masalah untuk meninggalkan kantor, bukan?

Kalau kamu tidak ingin pergi jauh dari kantor, tapi tidak ada taman dikantor mu, mungkin hanya berjalan-jalan mengelilingi koridor kantormu juga bisa. Dengan begitu, kamu juga bisa melihat bagaimana karyawan kamu bekerja.

Dan kamu bisa sambil berbincang dengan mereka, mungkin kamu akan mendapat beberapa pencerahan dan emosimu juga akan larut.

Biasanya tempat yang pas untuk pulang adalah rumah, jadi nggak ada salahnya kalau kamu pulang sebentar untuk menenangkan diri, tapi jangan sampai kamu nggak kembali ke kantor ya, bisa bahaya itu! Haha

Nah, gimana ternyata banyak carakan untuk meredan emosimu? Maih banyak cara lain, yang bisa kamu terapkan. Apapun caranya, kamu harus bisa membuat emosi kalah atas dirimu, karena kalau tidak begitu siapa tahu, perusahaan yang kamu bangun selama ini akan hancur dengan sia-sia, hanya karena emosi sesaat yang sebenarnya banyak cara untuk mengatasinya.

Kalau kamu belum menerapkan tips mengontrol emosi dalam berbisnis diatas, segeralah memulai sebelum kamu akan menyesal pada akhirnya. Jangan lupa bahwa penyesalan selalu datang terlambat ya!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Tips Mengontrol Emosi Dalam Berbisnis!

0 komentar:

Posting Komentar